Thursday, November 23, 2017

shield RS485 for Arduino Uno Or Mega 2560


shield rs485 ini adalah modul komunikasi serial rs485 yang digunakan untuk board mikrokontroller arduino. modul ini mempunyai 4 terminal yang terdiri dari:
1.GND
2. 5V
3. Data A
4. Data B

dan ada dipswitch 4, ini berfungsi sebagai pemindah saat kita upload sketch ke mikrokontroller arduino. jadi ketika upload posisikan OFF, jika sudah selesai kembalikan posisi ON.

shield ini menggunakan pin 0,1,dan 2

ada 3 jumper.
jika diposisikan sebagai master, maka j1, j2 dan j3 posisi jumper.
jika sebagai slave tengah, maka tanpa jumper.. seperti pada gambar
jika sebagai slave akhir, maka yg perlu di jumper yaitu di J1






berikut contoh penempatan shield to arduino uno. dengan shield ethernet pun tidak bentrok.
aman terkendali


jika ada membutuhkan shield tersebut silahkan kontak 081555305255 atau di tokopedia ada

Wednesday, November 22, 2017

coretan resistor

tak tulis e ng blog.. ben nggak lalian....

soale wes rodok tuwo.

biasane takok cak budyo

110 v pakai 47K
48v pakai 10K
24V pakai ???
12V pakai 2k2

Tuesday, November 14, 2017

mainan wemos d1 mini ?? kenali dulu ya.... IOnya

mainan ini sudah beli sejak jaman dahulu kala.
dulu nggak ngerti ... beli hanya cuma iseng" aja.
pas dah kebeli lakok nggak tau fungsinya.

sekarang dah tau.. mari kita oprek.

sebelum oprek kenali dulu pinnya.



setelah kenali pin... upload sketch blink.. buat belajar pemula.

untuk masukin board to arduino IDE sama seperti nodemcu yang saya bahas sebelumnya.

kalo sudah download nodemcu, nggak usah download boardnya lagi.

cari aja board wemos d1 mini.. pasti ada...

bila nggak ada.. berarti PC anda terjangkit virus micin.............


mainan ini dulu belinya hampir 100rb an....

nggak tahu skrg..
kayaknya lebih murah...


wemos ini bisa d injek modbus juga loh....

ikuti terus blog saya...

nnti saya kupas terus .....


thanks..

intip video berikut

Monday, November 13, 2017

kontrol led dengan modscan32 menggunakan NODEMMCU modbus



kali ini saya akan share gmn GPIO nodemcu ini bisa dikendalikan dgn protokol modbus tcp

nodemcu disini konek ke wifi kantor

pc konek ke wifi kantor


jadi kendalikan led dr wifi

percobaan ini saya kontrol dari PC dengan software modscan32





 untuk ke depannya akan saya coba dengan HP pakai aplikasi scada touch


berikut kodingnya:


#include <ESP8266WiFi.h>
#include <ModbusTCPSlave.h>
#include <Ticker.h>

//Settings IP Nodemcu
byte ip[]      = { 192, 168, 1, 187};
byte gateway[] = { 192, 168, 1, 1 };
byte subnet[]  = { 255, 255, 255, 0 };

ModbusTCPSlave Mb;
Ticker Stop;

const int ledPin =  4; 
const int inputPin =  12; 
const int analogInPin = A0;


void monitoring() {

///Digital Inputs
Mb.MBHoldingRegister[0]=digitalRead(inputPin);

///Digital Outputs
digitalWrite(ledPin,Mb.MBHoldingRegister[2] );

////Analog Input
Mb.MBHoldingRegister[3] = analogRead(analogInPin);
  
  }

void setup()
{
 pinMode(ledPin, OUTPUT);
 pinMode(inputPin, INPUT);
 Serial.begin(115200);
 Mb.begin("DCC_LECES_FO", "apd_timur2014", ip, gateway, subnet);
 delay(100);

}

void loop()
{
 
  Mb.Run();
 Stop.attach_ms(35,monitoring);
 
}








bila kurang jelas atau ingin bikin modul IO berbasis wifi silahkan kontak
081555305255

Sunday, November 12, 2017

mengenal pin GPIO NODEMCU

sebelum eksekusi nodemcu harap dipelajari dulu pin"nya. karena label pin tidak samadengan pin GPIO.
sperti GPIO4 itu di nodemcu bukan D4

akan tetapi di D2

cek gambar di bawah ini
semoga nggak kliru seperti yang salah alami...


kirain nodemcunya yang rusak...... ehh salah pin GPIOnya


selamat berkarya


Friday, November 10, 2017

mainan NODEMCU modbus

awal beli ini sbnernya ragu.
harganya cuma 50rb an
gogling akhirnya nemu library.
buka toped.
masukkan keraanjang.
pay.
nyampe d rumah..

bingung masukin library???

ikuti tutorial d bwah ini
http://www.instructables.com/id/Programming-ESP8266-ESP-12E-NodeMCU-Using-Arduino-/


jika sudah selesai
download library disini
library modbus tcp nodemcu


coba sketch di=bawah ini :
#include <ESP8266WiFi.h>
#include <ModbusTCPSlave.h>

//WIFI Settings
byte ip[]      = { 192, 168, 1, 187};
byte gateway[] = { 192, 168, 1, 1 };
byte subnet[]  = { 255, 255, 255, 0 };

ModbusTCPSlave Mb;

unsigned long timer;
unsigned long checkRSSIMillis;

void setup()
{

  Mb.begin("nama wifi", "password_wifi", ip, gateway, subnet);

  delay(1000);
  Mb.MBInputRegister[0] = 100;
  Mb.MBInputRegister[1] = 65500;
  Mb.MBInputRegister[2] = 300;
  Mb.MBInputRegister[3] = 400;
  Mb.MBInputRegister[4] = 500;

  Mb.MBHoldingRegister[0] = 1;
  Mb.MBHoldingRegister[1] = 2;
  Mb.MBHoldingRegister[2] = 3;
  Mb.MBHoldingRegister[3] = 4;
  Mb.MBHoldingRegister[4] = 5;

}

void loop()
{
  Mb.Run();
  delay(10);

  if (millis() - timer >= 1000) {
    timer = millis();
    Mb.MBInputRegister[1]++;
  }

  if (millis() - checkRSSIMillis >= 10000) {
    checkRSSIMillis = millis();
    Mb.MBInputRegister[0] = checkRSSI();
  }
}

/*****FUNZIONI*****/

byte checkRSSI() {
  byte quality;
  long rssi = WiFi.RSSI();
  if (rssi <= -100)
    quality = 0;
  else if (rssi >= -50)
    quality = 100;
  else
    rssi = rssi + 100;
  quality = byte(rssi * 2);

  return quality;
}




Tuesday, November 7, 2017

kendalikan dan monitor micom p127 with RTU SIMOR


kini micom p127 sudah bisa dikendalikan relay output dari rtu simor.

tinggal arus gangguan.

simor to micom p127 bisa :
1. monitoring pengukuran (beban, tegangan, frekwensi)
2. monitoring indikasi relay proteksi ocr, dgr, ocr instan dll
3. monitoring dari digital input
4. kontrol relay output








shield RS485 for Arduino Uno Or Mega 2560

shield rs485 ini adalah modul komunikasi serial rs485 yang digunakan untuk board mikrokontroller arduino. modul ini mempunyai 4 terminal ...